Ketahui Ciri Pompa Bensin yang Rusak & Cara Memperbaikinya

icon 18 February 2022
icon Admin

Fuel pump atau yang dikenal dengan pompa bensin memiliki peran penting yang berfungsi memasok bahan bakar untuk kebutuhan mesin sehingga mobil dapat menyala. Mesin mobil akan mogok atau mati mendadak apabila terjadi kerusakan pada pompa tersebut.

Penyebab utama rusaknya pompa disebabkan oleh kebiasaan telat mengisi bahan bakar mobil. Selain itu, tangki yang jarang dikuras akan meninggalkan kotoran yang dapat menyumbat pompa bahan bakar. Simak penjelasan mengenai ciri-cirinya ketika rusak serta cara memperbaikinya.

Ciri-ciri pompa bensin rusak

Mengingat fungsi pompa yang sangat penting bagi mobil, maka Anda perlu mengantisipasinya dengan memperhatikan ciri-ciri berikut ini.

  • Mesin mobil sulit di-starter

Cara paling mudah adalah mesin mobil akan sulit dinyalakan. Meski berhasil menyala, suara mesin akan kasar dan tersendat dikarenakan kotoran yang tersumbat pada tangki menuju ruang pembakaran.

  • Lampu pada indikator injeksi menyala

Bagi pengemudi, lakukan secara rutin untuk mengecek indikator pada dashboard. Jika menyala atau berkedip, tandanya ada kerusakan pada bagian pompa bahan bakar.

  • Sekring pompa bahan bakar gosong

Kotoran yang tersumbat pada tangki menyebabkan sekring bekerja lebih berat dan timbul bau menyengat yang berasal dari knalpot. Selain itu, kinerja pompa tidak normal seperti biasanya.

  • Suara pompa bensin melemah

Sebelum Anda menyalakan starter, perhatikan suara saat kunci pada kontak diputar ke posisi on. Apabila terdengar lemah, maka terdapat masalah pada bagian pompa bensin.

Cara memperbaiki pompa bensin yang rusak

Tak perlu khawatir, Anda masih bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi pada pompa. Berikut penjelasannya.

  • Isi bahan bakar pada waktu yg tepat

Bahan bakar berfungsi sebagai pelumas pada tangki agar pompa dan mesin bekerja dengan baik. Anda dapat melakukan pengisian bahan bakar saat tersisa seperempat dari volume tangki.

  • Cek Relay 

Perbaiki dengan mencabut relay dari stop kontak. Periksa resistansi terminal 3 dan 5 yang normalnya menghasilkan 10 kilo ohm atau lebih. Lanjut periksa resistansi terminal 3 dan 5, tambahkan catu daya terminal 1 dan 2. Hasil standar di bawah 1 ohm.

  • Cek Wiring Harness

Wajib mengecek bagian ini untuk mengetahui kemungkinan korsleting listrik dengan mengikuti alur berikut ini:

  1. Periksa terminal FC1 dengan relay F/P. Hasil normalnya di bawah 1Ω.
  2. Pengecekan terminal FC1 atau relay F/P dengan masa bodi. Hasil normalnya 10 kΩ atau lebih.
  3. Pemeriksaan terminal relay F/P dengan pompa bahan bakar. Hasil normalnya di bawah 1 Ω.
  4. Pengecekan terminal 3 motor pompa dengan masa bodi. Hasil normalnya sebesar 10 Ω atau lebih.
  5. Pemeriksaan terminal 4 motor pompa dengan masa bodi. Hasil normalnya di bawah 1 Ohm.
  • Periksa Ketahanan Pompa

Tahanan yang terlalu besar akan memperlambat perputaran pompa. Periksa dengan cara melepas terminal, lalu mengukur tahanan terminal 3 dan 4. Hasil normalnya 0,2-0,3 Ohm pada temperatur 20 derajat Celcius. Pompa harus diganti apabila terdapat perbedaan pengukuran.

  • Kuras tangki bensin secara rutin

Cara terakhir ini bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada tangki. Pengurasan bisa dilakukan setiap lima tahun sekali untuk mobil baru dan dua tahun sekali untuk mobil lama.

Tentunya segala bentuk perbaikan pada pompa bensin yang rusak memerlukan orang yang ahli di bidangnya. Segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi Suzuki agar dapat diperbaiki secara tuntas. Jadwalkan booking service anda melalui website https://suzukisumberbaru.co.id/ & dapatkan jadwal yang sesuai dengan keinginan anda.